Selasa, 27 November 2012

My Jupiter MX. BI - 01 - SS - 12


Awalnya saya pengendara Honda Astrea Legenda, namun karena mobilitas saya tinggi, dan jarak antara kampus dengan rumah saya lumayan jauh. Akhirnya saya memilih motor dari salah satu produk Yamaha. Yaitu Jupiter MX CW.

Menggunakan kopling, tentu saja. Karena saya butuh respon yang agresif tiap saya berkendara. Jupiter MX salah satu motor bebek kencang yang saya pernah saya naiki. Memiliki kemampuan mesin yang luar biasa. Tiap menggas, bawaannya mau ngebut terus. Pernah saya coba jajal di jalan utama pintu Halim Perdana Kusumah atau biasa anak-anak Halim bilang BKKBN itu tembus sampai 120 km/jam. Dan itu masih mau nambah lagi. Tapi karena daerah tersebut rawan kecelakaan maka saya mengurungkan niat tersebut.

Oke saya akan menjelaskan spesifikasi dari motor ini:

Product Name : JUPITER MX135LC CW
Product Type : Moped
Product Price : Rp. 15,450,000
(Harga On The Road untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya)

MESIN

Tipe Mesin                    :4 Langkah, SOHC, 4 Klep (Berpendingin Cairan)
Diameter x Langkah       : 54.0 x 58.7 mm
Volume Silinder             : 135 CC
Perbandingan Kompresi : 10.9 : 1
Power Max                   : 8,45kW (11,33HP) pada 8500 rpm
Torsi Max                     : 11,65N.m (1,165 kgf.m) pada 5500 rpm
Sistem pelumasan        : Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin      : Penggantian Berkala 800cc
                                     Penggantian Total 1000cc
Kap. Air Pendingin        : Radiator dan Mesin 620cc
                                     Tangki Recovery 280cc, Total 900cc
Karburator                    : Mikuni VM 22 x 1, Setelan Pilot Screw 1-5/8 putaran keluar
Put Langsam mesin      : 1.400 rpm
Saringan Udara Mesin   : Tipe kering
Sistem Starter              : Motor Starter dan Starter Engkol
Tipe Transmisi              : Tipe ROTARY 4 Kecepatan, dengan kopling manual

CHASIS
Tipe Rangka                 : Diamond Frame
Suspensi Depan           : Telescopic Fork
Suspensi Belakang       : Tunggal / Monocross
Rem Depan                  : Cakram Tunggak 220 mm
Rem Belakang              : Tromol dengan Bahan "Non Asbestos"
Ban Depan                   : 70/90 - 17 dengan Velg Racing
Ban Belakang               : 80/90 - 17 dengan Velg Racing
Ukuran Rantai               : 428

KELISTRIKAN
Lampu Depan               : 12 Volt, 32 W / 32 W
Lampu Sein Depan       : 12 Volt, 10 W x 2 buah
Lampu Sein Belakang   : 12 Volt, 10 W x 2 buah
Lampu Rem                 : 12 Volt, 5 W / 21 W x 1 buah
Battery                        : GM5Z - 3B / YB 5L-B 12 Volt 5,0 Ah
Busi / Spark Plug         : NGK CPR 8 EA-9 / DENSO U 24 EPR-9
Sistem Pengapian        : DC CDI
Sekring                        : 10 Ampere

DIMENSI
P x L x T                     : 1.945 mm x 705 mm x 1.065 mm
Tinggi Tempat Duduk    : 770 mm
Jarak Sumbu Roda       : 1.245 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 140 mm
Kap. Tangki Bahan Bakar : 4 Liter
Berat Isi : 110 kg
Berat Kosong : 104 kg

 Kelebihan dari motor yang saya gunakan ini adalah:
  1. Adanya pendingin radiator cair
  2. Akselerasi awal yang sangat responsif
  3. Onderdil gampang dicari, banyak produk aftermarket nya.
  4. Desain anak muda, tampilan garang dan sporty.

Kekurangannya ialah:
  1. Makin lama suspensi belakang disusul depan melemah, berasa saat melakukan manuever di tikungan-tikungan.
  2. Terlalu banyak sambungan dibodi, saat rpm tinggi terdengar sekali, apalagi mengingat usia/ umur motor.
  3. Saat diservis susah sekali, karena mesti lepas cover bodi yang banyak sambungan.
  4. Jok belakang yang tipis, membuat penumpang belakang tidak betah lama-lama diatas motor.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar